Home » » Tips Mengidentifikasi Daging Busuk

Tips Mengidentifikasi Daging Busuk

Bakteri patogen yang sering terdapat pada makanan seperti E. coli dan Salmonella bertanggung jawab untuk jutaan kasus keracunan makanan setiap tahunnya. Sebagian kasus keracunan makanan disebabkan oleh daging yang kualitasnya sudah buruk, atau daging busuk.
Daging yang masih segar saja bisa terkontaminasi bakteri, apalagi daging yang kualitasnya buruk dan sudah mulai busuk. Mengetahui ciri-ciri daging busuk akan mencegah efek buruk akibat keracunan makanan.

Berikut adalah cara mengenali daging yang sudah busuk.

1. Periksa tanggal produksi atau tanggal kadaluarsa pada kemasan
Penjual daging mungkin saja menjual daging yang sudah lewat tanggal kadaluarsa, atau hampir busuk. Jika kondisi daging sudah seperti itu, jangan coba-coba untuk membelinya, walaupun harga yang ditawarkan lebih murah.

2. Periksa warna daging

Daging dapat saja membusuk sebelum lewat tanggal kadaluarsa. Warna dapat menunjukan kualitas daging. Daging unggas yang baik biasanya berwarna putih kebiruan hingga kekuningan. Daging babi mentah berwarna merah muda keabu-abuan. Daging sapi lebih susah diidentifikasi. Kebanyakan orang mengasosiasikan daging sapi segar dengan warna merah terang.
Namun, warna kemerahan bukan warna alami daging sapi segar, tetapi terjadi karena daging telah terpapar udara.
Itu sebab, daging sapi segar yang disimpan dalam kemasan kedap udara warnanya akan menjadi merah keunguan. Daging sapi yang berwarna kecokelatan tidak berarti kualitasnya buruk. Warna daging dari hewan yang lebih tua akan lebih gelap dibandingkan dengan hewan yang lebih muda.

Selain itu, kadang pencahayaan toko menyebabkan reaksi pada daging, mengubahnya menjadi berwarna merah kecoklatan.

3. Bau daging
Mencium bau daging adalah cara termudah untuk mengetahui apakah daging masih segar atau tidak. Apapun jenis daging, jika baunya sudah tengik atau tidak menyenangkan, maka daging tidak layak lagi dikonsumsi.
Warna daging yang masih baik tetapi memiliki bau yang tidak sedap menunjukan bahwa daging mulai membusuk. Jangan ambil resiko, daging yang sudah berbau busuk atau amat amis harus dihindari.

4. Tekstur daging
Daging busuk sering memiliki tekstur licin, yang menjadi tanda bahwa bakteri telah mulai berkembang biak pada permukaannya.

Daging unggas yang mulai busuk juga akan menjadi lengket.
Jika Anda melihat sesuatu tumbuh di permukaan daging dengan warna hitam atau hijau, hal ini menandakan jamur mulai berkembang biak.



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. The Java Spa - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger