Home » » Langkah-langkah Merawat Kain Sutera

Langkah-langkah Merawat Kain Sutera

Kain sutera dikenal sebagai salah satu kain terbaik di dunia. Titel ini telah disandang kain sutera sejak ratusan tahun silam. Keindahannya dalam membalut tubuh, ringan dipakai, dan kesan yang elegan, membuat kain sutera banyak diilih sebagai material busana atau aksesoris.

Kualitasnya yang tidak main-main membuat kain sutera tidak mudah untuk dirawat. Cara yang asal-asalan dapat membuat kain menjadi robek atau luntur. Untuk merawat kain sutera agar tetap awet, cobalah trik berikut.

Pasangan ideal bagi kain sutera yang halus ialah sabun deterjen dengan formula lembut. Untuk itu, gunakan sabun atau shampoo bayi, hindari mencuci kain sutera dengan deterjen.

Kandungan dalam deterjen cukup keras, sehingga berbahaya bagi keindahan serat kain sutera yang tipis.

Cucilah kain sutera dengan tangan, bukan dengan mesin cuci. Mesin cuci mengolah kain dengan kasar, sehingga beresiko merusak serat kain dan membuatnya kusut. Dengan pencucian manual, Anda juga dapat memastikan seluruh bagian kain bersih total, tanpa ada noda yang tersisa.

Saat membilas kain, peras kain dengan posisi tergulung sehingga lapisannya menjadi tebal. Anda juga dapat melapisi kain dengan handuk, sehingga kain tidak diperas secara langsung, namun dilindungi dengan handuk. Air pun dapat lebih banyak terbuang karena diserap oleh handuk.

Untuk penjemuran, gantunglah di tempat teduh, tidak terlalu panas. Hindari menjemur tepat di bawah terik matahari karena dapat merusak kualitas benang. Setrika kain dalam kondisi masih lembab dengan suhu setrika yang sedang, tidak terlalu panas.



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. The Java Spa - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger