Home » » Wajah Putih Alami dengan Bengkoang

Wajah Putih Alami dengan Bengkoang

Saya yakin Anda sudah pasti tahu bengkoang. Bengkoang adalah umbi yang berwarna putih dengan bentuk seperti gasing. Bengkoang atau yang dikenal dengan nama latin Pachyrizus erosus ini merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah tropis Amerika dan termasuk ke dalam suku fabaceae atau polong-polongan.

Bengkuang merupakan liana tahunan yang bisa mencapai panjang 4-5 meter dan panjang akar mencapai dua meter. Batangnya menjalar dan membelit, dengan rambut–rambut halus yang mengarah ke bawah. Meskipun umbinya dapat dimakan, bagian tumbuhan bengkoang yang lain sangat beracun karena memiliki sifat Rotenon. Zat Rotenon dari bengkoang, terutama dari biji bengkuang ini sering dimanfaatkan untuk pembunuh serangga (pestisida) alami, membunuh tikus atau menangkap ikan dengan cara meracuninya.

Selain biasa digunakan sebagai bahan kudapan seperti acar dan asinan ataupun dimakan secara langsung, bengkuang memiliki banyak manfaat. Umbi bengkoang mengandung gula, pati, fosfor, serta kalsium. Umbi bengkoang juga memiliki efek pendingin karena memiliki kadar air yang cukup tinggi yakni 86-90%. Umbi ini sangat bagus bagi penderita diabetes karena rasa manis yang ditimbulkan tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Hal ini karena rasa manis berasal dari oligosakarida yang disebut inulin.

Manfaat Bengkoang bagi Kecantikan

Manfaat bengkoang selain bagi kesehatan, juga dapat mewujudkan cantik alami Anda. Bengkoang dikenal bisa membersihkan dan memutihkan kulit termasuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Buah ini sangat baik bagi kulit karena mengandung banyak kandungan bermanfaat yakni pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C.

Berikut beberapa tips untuk merawat kulit wajah Anda dengan bengkuang:

Bengkuang menghilangkan Flek Hitam pada Wajah
Untuk menghilangkan flek hitam serta membersihkan, dan mencerahkan wajah, kita bisa memanfaatkan bengkoang dengan membuatnya sebagai masker. Untuk membuat masker bengkoang ikuti tahap-tahapan berikut:
  1. Ambil bengkoang secukupnya dan parut
  2. Hasil parutan usapkan di wajah
  3. Tunggu 10-15 menit hingga agak kering, dan cuci wajah seperti biasa.

Bengkoang untuk Memutihkan Kulit

Sudah tak asing lagi bagi kita bahwa bengkoang bisa memutihkan dan mencerahkan kulit. Banyak produk pemutih kulit baik untuk kulit tubuh atau kulit wajah yang mengandung ekstrak bengkoang.

Untuk mendapatkan manfaat bengkoang dalam memutihkan kulit Anda bisa mengambil buah bengkuang secukupnya, lalu parut umbi bengkuang tersebut. Hasil parutan selanjutanya dijemur hingga kering. Hasil parutan bengkoang yang telah kering tersebut bisa disimpan dan untuk menggunakannya Anda bisa mencampurkan dengan air mawar. Pergunakan seperti menggunakan masker.

Tidak sulit bukan untuk mempraktekkan tips di atas?. Selain mudah, tips merawat wajah tersebut juga murah meriah sehingga Anda tidak perlu membuang banyak uang untuk membeli krim pemutih berbahan kimia yang belum tentu aman kandungannya bagi tubuh Anda. Cantik alami ternyata tidak sulit.



Share this article :

1 komentar:

Keke mengatakan...

http://mahkotadewa.net/kecantikan/lulur_bengkoang.html

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. The Java Spa - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger